Jumat, 16 November 2012

Kerajaan Aceh


  • Letak
Kerajaan Aceh terletak di Sumatra bagian Utara yang dekat dengan jalur pelayaran
Internasional di masa lampau.


  • Kehidupan Politik
  1. Sultan Ali Mughayat Syah :  Raja pertama kerajaan Aceh, merintah pada tahun 1514-1528. Dalam perintahannya kerajaan Aceh  melakukan perluasan hingga ke daerah Sumatra Utara lainnya.
  2. Sultan Salahudin : Memerintah pada tahun 1528-1537 . Sultan Salahudin tidak memperdulikan kerajaannya sehingga dia digantikan oleh Sultan Alaudin Riayat Syah Al-Kahar.
  3.  Sultan Alaudin Riayat Syah Al-Kahar : Memerintah pada tahun 1537-1568
  4. Sultan Iskandar Muda : Memerintah pada tahun 1607-1636.Kerajaan Aceh mencapai puncak kejayaan. Pada massa pemerintahannya, Kerajaan Aceh menjadi kerajaan besar yang berkuasa atas perdagangan Islam dan menjadi bandar transit.
  5. Sultan Iskandar Thani : memerintah tahun 1636-1641, Sultan Iskandar Thani meneruskan tradisi Sultan Iskandar Muda.
  6.  Penyeban Runtuhnya Kerajaan :                           - Setelah wafatnya Sultan Iskandar Muda, tidak ada raja-raja besar yang mampu mengendalikan wilayah kekuasaan.                                               -Timbul pertikaian terus menerus antara golongan teuku dan teungku                                               -Daerah kekuasaannya banyak yang melepaskan diri. 
  •          Kehidupan Ekonomi
let      letaak Aceh yang strategis menyebabkan perdagangannya maju pesat. Dengan demikian, kebudayaan masyarakatnya juga makin bertambah maju karena sering berhubungan dengan bangsa lain. Contohnya, yaitu tersusunnya hukum adat yang dilandasi ajaran Islam yang disebut Hukum Adat Makuta Alam.
D   
De    Dengan hukum adat Makuta Alam itulah, sehingga tata kehidupan dan segala aktivitas masyarakat Aceh didasarkan pada aturan Islam. Dengan demikian, keadaan Aceh seolah-olah identik dengan Mekah, Arab Saudi. Atas dasar itulah, Aceh mendapat julukanSerambi Mekah.
kk



Tidak ada komentar: